Mahasiswa Antusias Masuk Kuliah Program RPL di Fisipol UMPR Dibuka Kembali Semester Genap Ini

Education

Source: Dokumentasi Humas Fisipol UMPR

PALANGKA RAYA- Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UMPR) merupakan satu-satunya perguruan tinggi di Kalimantan Tengah tahun 2023 ini yang mendapat kepercayaan dari Kementerian Pendidikan,  Kebudayaan, Riset dan Teknologi sebagai penyelenggara pendidikan dengan Program Rekognisi Pembalajaran Lampau atau RPL

Menurut Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol)  Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UMPR), Dr Irwani, M.AP bahwa RPL adalah pengakuan atas capaian pembelajaran seseorang yang  diperoleh dari pendidikan formal, nonformal, informal,  dan/atau pengalaman kerja sebagai dasar untuk melanjutkan  pendidikan formal dan untuk melakukan penyetaraan dengan kualifikasi  tertentu.

“Jadi, program RPL ini adalah cara lain untuk menjadi sarjana dengan waktu yang relative singkat. Misalnya hanya ditempuh selama dua atau tiga semester,” jelasnya, di Kantor Fisipol kampus 1 UMPR, belum lama ini.

Program pemerintah ini bertujuan untuk mendorong perguruan tingggi memberikan kesempatan calom mahasiswa menyelesaikan pendidikan tinggi atau sarjana.

 Siapa saja yang bisa masuk kuliah mengikuti program RPL ini.  Menurut Irwani, siapa saja boleh yang penting memenuhi syarat dan syaratnya tidak sulit. Pertama, mahasiswa yang masuk program RPL ini tentu saja lulusan SLTA dan  punya pengalaman kerja minimal selama tiga tahun. Apakah itu sebagai ASN atau karyawan swasta. Pengalaman kerjanya itulah yang dikonversi atau diakui menjadi SKS mata kuliah. Termasuk misalnya ada sertifikat pelatihan, workshop, seminar atau berkegiatan di kepanitian, kesemuanya akan di akui sebagai SKS mata kuliah.

Kedua,  yang bisa masuk RPL ini adalah mereka yang pernah kuliah tetapi belum mencapai S1. Misalnya hanya sampai diploma 2 atau 3 saja.  Maka nilai yang ada di transkrip diploma tersebut, di rekognisi atau diakui sebagai SKS  jadi tinggal menambah beberapa SKS  saja lagi lagi untuk mencapai S1.   

Melalui program RPL, menurut Dekan lulusan doktor Sosiologi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini, seseorang bisa lulus sarjana (S1) dalam waktu yang relative singkat. Bahkan, kalau pengalaman kerjanya cukup lama, maka bisa jadi mahasiswa tersebut lulus hanya dalam dua semester.

“Alhamdulillah, program RPL tahun ini, disambut antusias oleh Masyarakat. Terbukti ratusan mahasiswa yang mendaftar sebagai mahasiswa RPL ini. Seperti di Program Studi Administrasi Negara dan Program Studi Ilmu Komunikasi,”ucapnya.

Mereka yang mendaftar semester ganjil 2023 sekarang ini, berasal dari sejumlah kabupaten kota. Misalnya dari Kabupaten Lamandau, Gunung Mas serta sejumlah kabupaten lainnya.  

Menurut Irwani, karena besarnya minat masyarakat untuk masuk program RPL ini dan ada diantaranya yang belum sempat mendaftar di semester ganjil kemarin maka pihaknya memberi kesempatan dengan membuka kembali program RPL di semester genap ini.

Ada beberapa keunggulan kuliah di program RPL, selain kuliah singkat 2 – 3 semester, perkuliahannya juga blended learning  dan pembayaran SPP bisa dicicil. Bagi yang mendaftar di bulan November – Januari 2023 gratis biaya pendaftaran serta mendapat potongan SPP 30 persen di semester pertama.

Sementara salah seorang mahasiswa RPL yang sudah menyelesaikan sutidinya, Desmon, sangat bersyukur ada program RPL ini. Melalui program ini dia bisa menyelesaikan sarjananya.

“Untung ada program RPL ini. Kalau tidak ada maka sudah bisa dipastikan saya tidak bisa mencapai sarjana. Alhamdulillah, tahun lalu ada dibuka maka saya langsung daftar dan Alhamdulillah sekarang saya sudah S1,”pungkasnya. (jun)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *