Mahasiswa Fisipol UMPR Mengikuti Pertukaran Kuliah ke ULM

Education Event

Source: Dokumentasi Humas Fisipol UMPR

PALANGKA RAYA – Sejumlah 14 orang mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi, Faskultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UMPR), mengikuti program pertukaran mahasiswa ke Universitas Lambung Mangkurat (ULM).

Mahasiswa pertukaran ke ULM  ini  diantar Wakil Dekan I Fisipol UMP H Junaidi, SH, M.I.Kom, Ketua Prodi Ilmu Komunikasi UMPR Annisa Rizki Ananda, M.I.Kom, dosen Ilmu Komunikasi Dr Aquarini, M.I.Kom dan Lisnawati, M.Kom dan disambut hangat Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi ULM Dr Yunita Setya,  beserta jajaran pejabat dan dosen Prodi Ilmu Komunikasi di ruang rapat rapat Fisipol ULM.

Wakil Dekan I Fisipol UMP H Junaidi, SH mewakili dekan, menyampaikan terima kasih kepada dekan Fisipol ULM khususnya ketua Program Studi Ilmu Komunikasi yang berkenan menerima mahasiswa Fisipol UMPR yang belajar selama satu semester di kampus terbesar di Kalimantan Selatan tersebut.

“ Kami merasa tersanjung diterima dengan penuh hangat mahasiswa kami kuliah di ULM.  Jujur, asalnya saat pengajuan proposal hibah PKKM ini  menetapkan universitas tempat pertukaran mahasiswa kami di ULM. Karena was-was apakah diterima oleh pihak ULM. Alhamdulillah kami diterima dengan sangat baik. Untuk kami ucapkan sekali lagi terima kasih banyak,” kata Junaidi saat sambutan penyerahan mahasiswa pertukaran tersebut.  

Sementara Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi ULM Dr Yunita Setya, mengatakan, pihaknya dengan tangan terbuka menerima mahasiswa pertukaran dari Fisipol UMPR ini. Bahkan, dia mengharapkan, pertukaran tidak hanya mahasiswa saja tetapi juga pertukaran dosen, maupun koloborasi dalam penelitian dan pengabdian Masyarakat.

Sedangkan mengenai program PKKM ini,  dijelaskan oleh Ketua Prodi Ilmu Komunikasi UMPR Annisa Riski Ananda, M.I.Kom. Menurutnya, program pertukaran mahasiswa merupakan bagian dari platform Program Kompetensi Kampus Merdeka (PKKM) Kemendikbud Ristek Tahun 2023 yang merupakan pertukaran mahasiswa dalam Negeri,  dengan waktu pelaksanaannya selama satu semester. Dia menjjelaskan, tujuan pertukaran mahasiswa ini antara lain, memberikan pengalaman belajar di perguruang tinggi lain dengan suasana yang berbeda, mengasah kemampuan komunikasi mahasiswa dan softskill yang dimiliki mahasiswa dalam bersosialisasi dengan orang-orang baru denga latar belakang beragam untuk meningkatkan daya respon serta memperkuat persatuan dalam keberagaman Selain itu, memperluas relasi tidak hanya dari mahasiswa yang berkesempatan belajar tetapi juga untuk kedua universitas yang saling bekerjasama dan bersinergi terkait kegiatan-kegiatannya   Sedangkan, sasaran kegiatan adalah mahasiswa yang diharapkan mampu menyerap ilmu di tempat yang baru dan memanfaatkan kesempatan untuk mengembangkan diri serta ilmu pengetahuan dengan didukung dosen-dosen handal dengan fasilitas yang sudah tersedia.   Salah seorang mahasiswa pertukaran Hafi Mahyudin, mengaku sangat bersyukur bisa mengikuti program pertukaran ini. Melalui kegiatan ini, dia bisa mengetahui bagaimana perkuliahan di kampus negeri. Termasuk dengan dosen yang diantaranya sudah meraih guru besar atau profesor di bidang komunikasi.    Dalam acara tersebut penyerahan pertukaran mahasiswa ini, dilakukan juga penandatanganan kerjasama atau MoU antara Program Studi Ilmu Komunikasi Fisip Universitas Muhammadiyah Palangkaraya dengan Program Ilmu Komunikasi Fisip Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. (adr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *