Fisipol UMPR kirim 200 mahasiswa program KKN tematik bina kawasan

Education

Source: Humas Fisipol UMPR

Palangka Raya – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (Fisipol UMPR), Provinsi Kalimantan Tengah mengirim 200 mahasiswa pada program Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik bina kawasan.

Mereka adalah mahasiswa Program Studi (Prodi) Ilmu Administrasi Negara (ADNA) dan Prodi Ilmu Komunikasi (Ikom) Semester VI tahun akademik 2023/2024,” kata Dekan Fisipol UMPR Dr Irwani di Palangka Raya, Selasa.

Milka menambahkan bahwa program KKN tidak hanya memberikan manfaat bagi masyarakat dan lingkungan di area yang menjadi fokus program, tetapi juga bertujuan untuk memberikan pengalaman sosialisasi dan berinteraksi langsung dengan masyarakat kepada mahasiswa. Hal ini diharapkan dapat memperkaya pengetahuan dan pengalaman mahasiswa dalam lapangan.

Dia juga menekankan bahwa KKN bagi mahasiswa bukan sekadar kegiatan rutin perguruan tinggi, melainkan sebuah kesempatan yang sungguh-sungguh untuk memberikan kontribusi nyata dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh masyarakat.

Mahasiswa diharapkan dapat memberikan kontribusi berdasarkan keahlian ilmiah mereka sesuai dengan kebutuhan dan situasi yang dihadapi oleh masyarakat, dengan pendekatan ilmiah dan interdisipliner.

Milka menambahkan, selain bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan sasaran program, KKN juga bertujuan memberikan mahasiswa pengalaman bersosialisasi dan bermasyarakat secara langsung sehingga menambah pengayaan keilmuan di lapangan

Dia pun mengatakan, KKN mahasiswa ini tidak sekadar kegiatan rutin perguruan tinggi bagi mahasiswanya, tetapi benar-benar dilaksanakan sungguh-sungguh, sehingga kehadiran mahasiswa bisa turut memberi solusi permasalahan yang sedang dihadapi masyarakat

Mahasiswa bisa turut serta membantu memecahkan masalah berdasarkan kompetensi keilmuan, sesuai dengan situasi, kondisi, masalah dan prioritas kebutuhan masyarakat di lapangan dengan pendekatan Interdisiplin ilmu dan bersifat ilmiah

KKN menjadi salah satu bentuk pembelajaran dengan memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa di tengah kehidupan masyarakat” katanya. (af)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *